Skripsi Online

 

 

 

 

 

HOME

 

Implementasi Asesmen Portofolio Pada Pembelajaran Fisika Di
SMP Negeri 2 Kota Bengkulu

ABSTRAK
Nepi Panizar. Implementasi Asesmen Portofolio Pada Pembelajaran Fisika Di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu (2006). Skripsi. Bengkulu : Program Studi pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk melihat implementasi kurikulum berbasis kompetensi dengan menggunakan asesmen portofolio di SMP N 2 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk umum asesmen portofolio di SMP N 2 Kota Bengkulu. (2) Untuk mengetahui implementasi asesmen portofolio di SMP N 2 Kota Bengkulu. (3) Untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap implementasi asesmen portofolio. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N2 Kota Bengkulu, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VIIa dengan jumlah 31 orang. Data diperoleh dengan melihat hasil pembelajaran yang diterapkan dengan asesmen Portofolio dan angket tanggapan siswa terhadap asesmen portofolio. Hasil diperoleh (1) terdapat 2 bentuk asesmen portofolio yaitu portofolio produk dan portofolio proses. (2) Implementasi asesmen portofolio pada pembelajaran fisika di SMP N 2 Kota Bengkulu yang diterapkan dalam penelitian ini, yaitu guru menilai semua hasil pekerjaan siswa baik makalah, LKS, Tugas, dan Kuis. (3) Dari data angket tanggapan siswa terhadap implementasi asesmen portofolio di peroleh hasil sebagai berikut : 6,25% siswa menjawab sangat setuju, 16,17% siswa menjawab setuju, 5,42% siswa menjawab ragu, 2,5% siswa menjawab tidak setuju, dan 0,67% siswa menjawab sangat tidak setuju. Dengan adanya asesmen portofolio guru dapat memantau kemajuan belajar siswa.

 

Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance,
Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Pada Konsep Energi dan Usaha Di Kelas VIIb SMP Negeri 11 Bengkulu

ABSTRAK
Rani Susilowati, 2006. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Energi dan Usaha Di Kelas VIIb SMP Negeri 11 Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIb SMP Negeri 11 Bengkulu yang berjumlah 34 orang. Data dikumpulkan dari tes, lembar observasi, laporan, presentasi, pekerjaan rumah, lembar penilaian afektif, dan psikomotorik siswa. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh data aktivitas guru dan siswa dari tiga siklus yang telah dilaksanakan berada pada kategori baik ditunjukkan rata-rata aktivitas guru siklus I (80), siklus II (86), dan siklus III
(90). Skor rata-rata aktivitas siswa siklus I (73), siklus II (80) dan siklus III (86,5). Hasil belajar kognitif menunjukkan siklus I nilai rata-rata siswa 75,26, daya serap 75,26% dengan ketuntasan belajar 55,88%. Siklus II nilai rata-rata siswa 75,30, daya serap 75,30% dengan ketuntasan belajar 58,82%. Siklus III nilai rata-rata siswa 88,17, daya serap 88,17% dengan ketuntasan belajar 94,11%. Hasil belajar afektif menunjukkan siswa yang mendapat nilai A (baik) pada siklus I sebanyak 29,41%, siklus II 55,88%, dan 82,35% pada siklus III. Hasil belajar psikomotorik menunjukkan siswa yang mendapat 100 (istimewa) pada siklus I sebanyak 29,41%,siklus II 61,76%, dan 88,23% pada siklus III. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Konsep
Dinamika Rotasi Dengan Pendekatan “Permasalahan Terbuka” (Open Ended
Problem)wdi kelas XI Ipa3 Sma Negeri 5 Kota Bengkulu

ABSTRAK
Sandra Revitasari. 2007. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Dinamika Rotasi Dengan Pendekatan “Permasalahan Terbuka” (Open Ended Problem)wdi kelas XI Ipa3 Sma Negeri 5 Kota Bengkulu tahun ajaran 2006-2007. Skripsi. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa selama Pembelajaran dengan pendekatan permasalahan terbuka (Open ended problem) pada konsep dinamika rotasi dan benda tegar di kelas XI IPA3 SMA N 5 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Resserch). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA3 SMA N 5 Kota Bengkulu pada tahun 2006/2007 yang berjumlah 42 orang yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Data yang dikumpulkan pada penelitian terdiri dari: (1) Data sekunder, yakni berupa daftar nama siswa kelas XIIPA3 SMA N 5 Kota Bengkulu, dan (2) Data Primer, yakni berupa hasil tes, presentasi kelas, laporan kelompok, pekerjaan rumah, lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisa data dalam penelitian ini yang berupa tes dianalisa dengan menggunakan nilai individu, nilai rata-rata siswa, dan kriteria ketuntasan belajar berdasarkan penilaian pada acuan patokan, dimana hasil tes diberi skor 50 %, Laporan kelompok 15 %, Presentasi 20 % dan PR 15 % sedangkan data observasi diolah secara deskriptif, analisa data dapat dengan menggunakan skala penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata 66,51 , siklus II 73,22 , siklus III yaitu 80,5. Daya serap siklus I menunjukkan nilai 66,51 %, siklus II 73,22 %, siklus III 80,5 %. Ketuntasan belajar pada siklus I menunjukkan nilai 26 %, siklus II 47,6 %, siklus III yaitu 85,7%. Sedangkan untuk aktivitas siswa skor rata-rata pada siklus I adalah 25 dengan kriteria cukup, siklus II 33 dengankriteria baik, dan meningkat kembali pada siklus III 43,5 dengan kriteria baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa Pendekatan “Permasalahan Terbuka” (Open Ended Problem) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Dinamika Rotasi. Disarankan apabila pendekatan ini dicobakan pada kelas lain untuk menitik beratkan pada pengerjaan soal secara terbuka.

 

Pengaruh Pembelajaran Fisika Dengan Metode Problem Solving Terhadap
Hasil Belajar Fisika di SMP Negeri 20 Bengkulu

ABSTRAK
Sulistyani. Pengaruh Pembelajaran Fisika Dengan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Fisika di SMP Negeri 20 Bengkulu (2006). Skripsi. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya nilai fisika siswa di SMPN 20 Bengkulu. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar fisika di kelas 1 SMPN 20 Bengkulu.(2) Untuk mengetahui besar pengaruh penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar fisika di kelas 1 SMPN 20 Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SMPN 20 Bengkulu, sedangkan yang menjadi sampel adalah Kelas 1A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa dan kelas 1B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Data diperoleh dengan mengadakan tes awal (pre tes) dan tes akhir (pos tes) baik pada kelas eksperimen maupun pada kelas kontrol. Hasil tes awal dan tes akhir ini dianalisa dengan terlebih dahulu dicari normalitas dan homogenitasnya baru kemudian dianalisa dengan menggunakan tehknik regresi dan korelasi sederhana. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran fisika dengan menggunakan metode problem solving terhadap hasil belajar fisika dengan nilai koefisian korelasi sebesar 0.832. Besarnya pengaruh pembelajaran fisika dengan metode problem solving terhadap hasil belajar fisika adalah sebesar 69,3 %. Disimpulkan bahwa Pembelajaran Fisika Dengan Metode Problem Solving dapat meningkatkan Hasil Belajar Fisika.

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Akuntansi

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi. Ada 4 hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu: 1) aktivitas guru dan siswa, 2) persepsi siswa, 3) persepsi guru dan 4) motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK …… Adapun subyek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 program keahlian penjualan yang berjumlah 33 orang (28 putri dan 5 putra) penelitian ini lakukan pada 7 Mei hingga 23 Mei 2007. Analisis data yang digunakan dengan model alir (flow model) yang meliputi tahap mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunujukkan: 1) selama pelaksanaan pembelajaran kooperatif model GI aktivitas guru lebih banyak sebagai konselor, pengkritik, dan yang memberikan pemaknaan belajar, sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran ini sebagai penemu, komunikator, evaluator, sinteser, 2) persepsi siswa terhadap penerapan metode pembelajaran GI menunjukkan persepsi postif yang ditunjukkan siswa merasakan adanya rasa senang dan santai dalam mengikuti pelajaran, 3) persepsi guru terhadap penerapan metode pembelajaran GI menunjukkan persepsi positif karena GI mampu mewakili karakter kelas sehingga dalam pembelajaran siswa menujukkan sikap belajar yang positif, 4) motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran GI menujukkan hasil yang positif, terlihat dari peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II baik dari segi aktivitas dan hasil pembelajaran.
Pada kenyataanya keempat hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasi, terkait sampel yang digunakan sangat terbatas. Oleh karena itu pelaksanaan penelitian dengan tema yang sama dan subyek penelitian yang berbeda sangat memungkinkan dilakukan, sebagai upaya mendukung inovasi pembelajaran.

 

Pengaruh Penggunaan Media visual dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi iswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar

 

ABSTRAK
Asriyanti, 2008, Pengaruh Penggunaan Media visual dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi iswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimental research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual dalam pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media visual, dan variabel terikatnya adalah hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP negeri 13 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar tahun ajaran 2007/2008 yang terbagi dalam 9 kelas dengan jumlah siswa secara keseluruhan adalah 320 orang. Sampel diambil secara acak (random), sehingga kelas VIII-3 terpilih sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas VIII-6 terpilih sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pengumpulan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan dua cara, yaitu secara statistik deskriptif dan secara statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media visual memiliki nilai biologi dengan rata-rata 76,95 dan berada pada kategori baik. Sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media visual memiliki nilai biologi dengan rata-rata 57,75 dan berada pada kategori cukup. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa.

 

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Pada
Konsep Usaha dan Energi Melalui Media Komputer di Kelas VII SMPN 3 Kota
Bengkulu. SKRIPSI. Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas VII3 SMP
Negeri 3 Kota Bengkulu

ABSTRAK
Zahrul Gusti Zailani. (2007). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Usaha dan Energi Melalui Media Komputer di Kelas VII SMPN 3 Kota Bengkulu. SKRIPSI. Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas VII3 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu tahun ajaran 2006/2007, dengan tujuan untuk 1) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa pada konsep Usaha dan Energi, 2)mendeskripsikan hasil belajar siswa pada konsep Usaha dan Energi. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus dan data yang diperoleh tiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakaan tes dan lembar observasi (guru dan siswa). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan menentukan ratarata kelas (skala 1-100), daya serap (%) dan menentukan ketuntasan belajar (%). Aktivitas siswa yang meliputi (a) diskusi dalam kelompok, (b) diskusi antar kelompok dan diskusi dengan guru (c) memperhatikan guru menjelaskan materi dengan komputer dan mencatat serta berusaha mengerjakan soal yang diberikan dengan rata-rata skor pengamatan untuk siklus I adalah 19,5 (kriteria cukup), siklus II dengan rata-rata skor 26 (kriteria baik) dan siklus III dengan rata-rata skor 28,5 (kriteria baik). Sedangkan hasil belajar kognitif pada siklus I, nilai rata-rata kelas (74,7) dengan SD (15), daya serap (74,68%) dan ketuntasan belajar (71,79%), pada siklus II, nilai rata-rata kelas 79,5 dengan SD (9,4), daya serap (79,49%) dan ketuntasan belajar (74,36%), dan pada siklus III, nilai rata-rata kelas (84,6) denganSD (7,9), daya serap (84,62%), dan ketuntasan belajar (89,74%). Hasil Belajar Fisika siswa Pada Konsep Usaha dan Energi mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran mengunakan Media Komputer.

 

Studi Minat dan Sikap Siswa Pada Pembelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi Di Kelas I SMA N 3 Kota Bengkulu

ABSTRAK

Enggus Subarman (2004). Studi Minat dan Sikap Siswa Pada Pembelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi Di Kelas I SMA N 3 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan sikap siswa pada pembelajaran fisika berdasarkan Kurikulium Berbasis Kompetensi di kelas I SMA N 3 Kota Bengkulu. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 280 siswa dan sebanyak 70 siswa yang mewakili dari 7 kelas sebagai sampel. Jenis penelitian ini ialah deskriptif yang menggunakan angket sebagai alat pengumpul data dengan tujuan untuk mengetahui minat dan sikap siswa pada pembelajaran fisika berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Setelah data diperoleh lalu dianalisa dengan membuat tabulasi data, menghitung persentase kemudian data ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Minat siswa pada pembelajaran fisika berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi digoongkan pada kategori tinggi, sebesar (47,14 %) dan digolongkan pada kategori sangat tinggi, sebesar (42,85 %). (2). Sikap siswa pada pembelajaran fisika berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi digolongkan pada kategori positif, sebesar (55,71 %) dan digolongkan pada kategori sangat positif, sebesar (37,14 %).

 

Skripsi Selanjutnya >>

 

Created By M.Sutarno@2009, email : nelan_indah@yahoo.com